KUMPULAN LIRIK [SYAIR] LAGU NIAS LAMA POPULER & TERBARU | PALING LENGKAP ~ RAJA BUNGLON

LIRIK  LAGU

LIRIK
NIAS

KUMPULAN LIRIK LAGU NIAS


DAFTAR LIRIK LAGU NIAS LAMA & TERBARU

AKHI ~ DANIEL FOLALA ZALUKHU
AKHI BOI 6 OSIL6 LI~ ROKY
ALIMBADUDO
ANGETULAMO
ASONDRU DODOGU
BA GULIDANO ~ D. FOLALA ZALUKHU
BA GULIDANO ~ D. FOLALA ZALUKHU
BALOI KHIGU ~ ROCKY DUHA
BALOI KHOU MATIRI
DOZI ITA OMUSO-MUSO DODODA
FATUNO ~ DARLIN HAREFA
FAWINI TODO ~ Dj Aveto
FOFANOGU INA ~ ROCKY B E DUHA
GOWIRI ~ HAVINO S DUHA
HANA WASIMANO WAAURIGU ~ DJ AVETO
HAOGO ANGERAIGO ~ D.FOLALA ZAL.
HATO FE'E KHOGU
HAUGESI MADALA ~ RINNY GULO
HAYAUGO
HE UWISA
HIDUP INI ADALAH KESEMPATAN - NIAS
HUMOMBO
IREGE MOHUWA HOGO
INOTO ~ VIVID GULO
ITORO TODO
KECE KECEU MANO ~ SNADA TRIO
LAEDURU ~ VIVID GULO
MAENA ~ HE ONO ALAWE
MAENA ~ MAENA FANGOWAI
MITI  MITI ~ DJ AVETO
MOI SEKOLA II
NIHA SO'OMO ~DJ AVETOXXX
NO TARUGI GINOTO
OHE NDRA'O MUHOMBO
OPODO PODO
SAOHAGOLO AMA
SO NONO MANUGU ~ DJ AVETO
TABASEO GINOTO ~ D. FOLALA ZALUKHU
TAOLINI FAOMASI ~ YUSMAN Feat Vivi Gulo
TOLA SA MENAO ~ FRANS BULUARO
UMBU GEGU NIDANO
ULIDANO ~ FRANS BULUARO
UWALINGA FANGIFI ~ FRANS BULUARO
YAWASA DODOMO ~ FRANS BULUARO





Terimakasih sudah mampir di halaman Kumpulan Daftar Lirik Lagu Nias Raja Bunglon. Halaman ini terdiri dari kumpulan lirik atau syair lagu nias lama/nostalgia, lirik lagu nias terbaru, lirik lagu nias populer dan juga daftar syair lagu Rohani Nias yang dikumpulkan dari berbagai referensi.

Selamat Bernyanyi, Semoga Terhibur
Ya'ahowu ...

Tahukah Kamu?

ALAT MUSIK TRADISIONAL NIAS


  • GONDRA

Alat musik tradisional yang berasal dari pulau Nias yang pertama merupakan Gondra, Alat musik tradisional yang di kelompokan sebagai alat musik membranofon dengan 2 sisinya dan dengan berbentuk barel. Kedua sisi itu dilapisi membran yang dibuat menggunakan kulit binatang (kambing atau lembu) yang dikeringkan dahulu dan nantinya akan dipasangkan dan dikencangkan agar mengeluarkan suara yang bagus sementara di bagian tubuhnya dibuat dari kayu pohon besar yang pada tengahnya dilubangi.

Gondra digunakan dengan menggunakan cara dipukul oleh alat pukul yang dibuat dari bambu yang mempunyai panjang sekitar setengah meter. Gondra sekilas, terlihat seperti bedug pada masjid dengan ada perbedaanya yang terletak di pemukulnya dan ukuran. Untuk menggunakan Gondra, anda tidak perlu keahlian tertentu dan juga tidak harus memukul dengan tenaga ekstra karena alat musik ini tidak diacarkan dengan cepat.
FARITIA
Berikutnya merupakan alat musik tradisional pulau Nias Faritia. Faritia merupakan alat musik yang dibuat dari logam / kuningan yang masuk dalam alat musik idiofon. Bentuk Faritia itu sendiri hampir mirip dengan talempong dari Padang atau gamelan dari Jawa, dan berdiameter dari Faritia adalah 23 cm dengan pada bagian tengahnya menonjol untuk bagian yang dipukul.

Faritia dipukul memakai kayu simalambuo atau kayu duria yang tentunya sudah diolah sebagai tujuan untuk alat pemukul Faritia. dahulunya alat musik tradisional Nias ini merupakan barang yang didatangkan dari luar alas impor. Karena dulunya benda ini merupakan alat pembayaran untuk barter.
ARAMBA
Aramba merupakan alat musik tradisional Nias yang biasa dipakai masyarakat Nias saat berlangsungnya upacara adat terutama seperti acara perkawinan dengan ukuran diameter berkisar setengah meter yang disebut dengan Aramba Fatao. Aramba juga ada yang dipakai untuk bangsawan saja yaitu Aramba Hongo dengan diameter yang lebih besar berkisar 90 cm.

Aramba mempunyai kegunaan khusus bagi masyarakat yang dulu sampai sekarang. Aramba dipercaya adalah sebuah benda keramat, oleh karena iu diperlakukan khusus secara istimewa. Kegunaannya untuk alat komunikasi pada masyarakat, juga diapakai untuk alat musik tradisional yang dipakai pada pesta adat. 
Kumpulan Lirik Lagu Nias| Raja Bunglon

Lihat Juga:

KUMPULAN LIRIK LAGU NIAS LAMA DAN TERBARU


Posting Komentar

0 Komentar