Critical Book Report Manajemen Pendidikan Universitas Bengkulu

 Critical Book Report Manajemen Pendidikan

Critical Book Report Manajemen Pendidikan Universitas Bengkulu

NAMA MAHASISWA            : shiba ranasuha

NPM                                        : A1D019037

 

CRTICAL BOOK REPORT     : MANAJEMEN PENDIDIKAN

                                                                                                      (Dr.Muhammad Kristiawan )

 

 

 

PENDIDIKAN BIOLOGI

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BENGKULU

2019



KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah membeikan rahmat serta hidayah kepada kita semua , sehingga berkat karunianyalah saya dapat menyelesaikan critical book report ini. Penulisan critical book report ini merupakan salah satu tugas dalam mata kuliah Penggelolaan Pendidikan.

 

Dalam penulisan critical book report yang berjudul “ MANAJEMEN PENDIDIKAN”  ini saya

merasa banyak kekurangan baik pada teknis penulisan. Untuk itu, kritik dan saran dari

semua pihak sangat saya harapkan demi penyempurnaan pembuatan critical book report ini.

 

Dalam penulisan critical book report ini saya mengucapkan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan critical book report ini, khususnya kepada dosen pengampu mata kuliah manajemen pendidikan bapak Dr.Muhammad Kristiawan,M.Pd . saya berharap penulisan critical book report ini dapat bermaanfaat dan menambah wawan bagi pembaca.



Bengkulu,2 Oktober 2019


Penulis

 

 

BAB I

 PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

Manajemen Pendidikan secara umum adalah suatu proses perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, dan pengawasan, dalam mengelola segala sumber daya yang berupa manusia, uang,  material,  metode,  mesin,  market,  waktu,  dan  informasi,  untuk  mencapai  tujuan dengan efektif dan efisien dalam bidang pendidikan.

 

Manajemen bidang pendidikan dalam suatu bisnis atau perusahaan dilaksanakan secara langsung oleh manajer pendidikan untuk mewujudkan pelaksanaan aktivitas pendidikan yang sesuai target.

 

B. Rumusan Masalah

 

1.  Apa saja isi pokok dari buku?

 

2.  Apa saja kelebihan dari isi buku?

 

3.  Apa saja kekurangan dari isi buku?

 

 

C. Tujuan Penulisan

 

Tujuan penulisan critical book review ini adalah untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan   dari buku dan isi pokok yang berjudul manajemen pendidikan oleh Dr. Muhammad Kristiawan, M. Pd. Dan sebagai pemenuhan tugas saya dalam mata kuliah pengelolaan pendidikan serta pada dasarnya tujuan penulisan critical book review ini bukan untuk  menghina,  merendahkan  dan  mencari  kesalahan  penulis  namun  bisa  dijadikan masukan kepada penulis berupa kritik dan saran terhadap isi, substansi, cara penulisan buku.

 

D. Informasi Buku

 

Judul                    : Manajemen Pendidikan

 

Penulis                  : Dr. Muhammad Kristiawan, M.Pd.

 

Penerbit                : Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utomo) Yogyakarta

 

ISBN                     : 978-Nomor ISBN Tahun Terbit          : 2017

Urutan Cetakan      : Cetakan Ke-1

 

Dimensi Buku         : 17,5 X 25 Cm

 

Tebal Buku            : 172 Halaman

 

BAB II 

RINGKASAN BUKU

 

 BAB I  KONSEP DASAR MANAJEMEN PENDIDKAN

  

Manajemen pendidkan adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerja sama sekelompok manusia yang tergabung dalam oganisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan menggunakan fungsi-fungsi manajemen agar tercapainya tujuan secara efektif dan efisien.

 

Unsur manajemen terdiri dari “7M+1 I” menurut Usman (2009) dan Henry Fayol 6M yaitu sebagai berikut: 1. Man(manusi); 2. Material(barang); 3. Machine(mesin); 4. Money(uang); 5. Method(metode); 6. Market(pasar); 7. Minute(waktu).

 

Pembagian manajemen yaitu sebagai berikut: 1. Manajemen puncak (top management);  2. Manajemen menengah (middle management);  3. Manajement pelaksana (operating managament).

 

BAB II  TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB MANAJEMEN PENDIDIKAN

  

Kepala Sekolah adalah orang yang memimpin sebuah lembaga pendidikan atau sekolah dan menggerakkan, mempengaruhi serta mendorong semua pihak yang terlibat dalam lembaga tersebut mencapai tujuan bersama.

 

Ciri-ciri Kepala Sekolah Efektif :

  

1.  Memiliki visi yang kuat tentang masa depan sekolahnya, dania mendorong semua staf untuk mewujudkan visi tersebut.

2.  Memiliki harapan tinggi terhadap prestasi siswa dan kinerja  staf.

3.  Tekun mengamati para guru di kelas dan memberikan umpan balik yang positif  dan konstruktif dalam rangka memecahkan masalah dan memperbaiki pembelajaran.

 

BAB III  FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN

 

Fungsi perencanaan adalah sebagai pedoman pelaksanaan pelaksanaan dan pengendalian, menentukan strategi pelaksanaan kegiatan, menentukan tujuan atau kerangka tindakan untuk mencapai tujuan tertentu.

 

A.  PERENCANAAN

Fungsi perencanaan adalah sebagai pedoman pelaksanaan dan pengendalian, menentukan strategi pelaksanaan kegiatan, menentukan tujuan atau kerangka tindakan untuk mencapai tujuan tertentu. Burhannuddin ( 2005: 168) Perencanaan adalah  “bahwa  pada  dasarnya  perencanaan  merupakan  suatu  kegiatan  yang

 

sistematis mengenai apa yang akan dicapai, kegiatan yang harus dilakukan, langkah- langkah, metode, pelaksanaan (tenaga) yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pencapaian tujuan.


B.  PENGORGANISASIAN

Hasibuan (1996) mendefinisikan pengorganisasian sebagai suatu proses penentuan, pengelompokkan dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan, menempatkan orang-orang pada setiap aktivitas ini, menyediakan alat-alat yang diperlukan, menetapkan wewenang yang secara relative didelegasikan kepada setiap individu yang akan melakukan aktivitas-aktivitas tersebut.


C.  PENGGERAKAN

Penggerakkan (actuating)adalah hubungan antara aspek-aspek individual yang ditimbulkan oleh adanya hubungan terhadap bawahan untuk dapat mengerti dan memahami pembagian pekerjaan yang efektif dan efisien.


D.  PENGAWASAN

Pengawasanadalah  proses  penentuan  apa  yang  dicapai.  Berkaitan  dengan standar apa yang sedang dihasilkan, penilaian pelaksanaan (performansi) serta bilamana perlu diambil tindakan korektif.

 

BAB IV  KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGKAT SEKOLAH DASAR

 

 Manajemen sekolah dasar merupakan kegiatan mengelola atau mengatur sekolah dasar. Dengan kata lain, manajemen sekolah dasar berarti penggunaan orang-orang dan sumber daya yang lain untuk mencapai tujuan sekolah dasar tersebut. Di sekolah dasar, kepala sekolah sebagai pengelola perlu menggunakan manusia, material, dan sumber daya finansialuntuk memenuhi tujuan sekolah yang telah ditetapkan (Marini, 2014: 2).


BAB V KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGKAT SEKOLAH MENENGAH A.  KONSEP MANAJEMEN MUTU SEKOLAH MENENGAH

Manajemen  Mutu  Sekolah  Menengah  adalah  upaya  yang  dilakukan  dalam

memperbaiki   kualitas   sebuah   lembaga   pendidikan   tingkat   menegah   (SMP, SMA/K/MA) guna tercapainya tujuan pendidikan.


B.  SASARAN MUTU PENDIDIKAN

1.   Input

2.   Proses

3.   Output


BAB VI KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI


Pendidikian tinggi adalah pendidikan pada jalur pendidikan   sekolah   pada jenjang yang   lebih   tinggi   dari  pada pendiidkanmenengahdijalurpendidikan sekolah.

  

Menurut Peraturan Pemerintah RI Nomor 60 Tahun 1999 tentang

PendidikanTinggi,tujuan pendidikan tinggi adalah:

a. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan,      dan atau      memperkaya      hasanah ilmu pengetahuan,teknologi,dan kesenian.

b. Mengembangkan  dan  menyebarluaskan  ilmu  pengetahuan, teknologi,  dan

 

atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

 

 
BAB VII SEKOLAH SEBAGAI SUATU SISTEM

  

Sistem adalah satu kesatuan yang utuh yang saling berinteraksi, berkomunikasi, ketergantungan satu sama lain dengan maksud untuk mencapai tujuan dari sistem tersebut. Komponen-komponen dari sistem sekolah terdiri atas masukan (input), proses (process), keluaran langsung (output), dan keluaran tidak langsung (outcome).

 

BAB VIII MANAJEMEN PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK

 

Manajemen menurut Terry (1986) adalah sebagai pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui usaha orang lain. Pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, sera berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.

 

Manajemen pendidik merupakan suatu kegiatan merencanakan, mengelola dan mengorganisasikan, mengkomunikasikan sumber daya pendidikan (pendidik) agar dapat berjalan atau melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara efektif dan efisien dengan maksud tercapainya tujuan pembelajaran atau tujuan pendidikan sebagaimana yang diharapkan.

 

BAB IX MANAJEMEN KURIKULUM

 

Manajemen pendidik merupakan suatu kegiatan merencanakan, mengelola dan mengorganisasikan, mengkomunikasikan sumber daya pendidikan (pendidik) agar dapat berjalan atau melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara efektif dan efisien dengan maksud tercapainya tujuan pembelajaran atau tujuan pendidikan sebagaimana yang diharapkan.

 

BAB X MANAJEMEN PEMBIAYAAN, SARANA DAN PRASARANA

 

Pembiayaan pendidikan adalah upaya mengumpulkan dana untuk membiayai operasional dan pengembangan pendidikan, untuk meningkatkan kualitas SDM, sehingga mampu bekerjasama dilingkup lokal, regional, nasional, maupun internsional.

 

Sarana adalah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dan berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien.

 

BAB XII KEPEMIMPINAN SEKOLAH EFEKTIF

 

Kepemimpinan aalah kemampuan atau usaha seseorang untuk bisa menggerakkan seseorang atau tim maupun kelompok agar mau bekerja sama melaksanakan tugas yang telah diberikan kepadanya dan mampu mendorong orang atau karyawan untuk berbuat hal yang positif dan meminimalisir perilaku negatif serta mampu mengembangkan dan memanfaatkan potensi atau sumber daya yang ada di dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

 

BAB XIII BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH EFEKTIF

 

Budaya organisasi sekolah efektif merupaka n nilai-nilai dan norma-norma yang dianut dan dijalankan oleh setiap orang yang ada dilingkungan sekolah dalam memberdayakan  setiap  komitmen  yang  ada  disekolah  baik  secara  internal  maupun eksternal.

 

BAB XIV TOTAL QUALITY MANAGEMENT

 

TQM didefinisikan sebagai suatu pendekatan dalam menjalankan usaha, dengan memaksimalkan daya saing melalui penyempurnaan yang terus-menerus atas produuk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan organisasi.

 

Manfaat penerapan TQM dalam organisasi akan dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, memperbaiki moral dosen, karyawan dan mahasiswa, meningkatkan produktivitas, mengurangi pekerjaan ulang, memperbaiki proses, mencapai kerjasama yang baik, memperbaiki komunikasi karyawan, mengurangi masalah mutu, dan memperbaiki citra publik.

 

BAB III

 KELEBIHAN DAN KELEMAHAN BUKU

 

 Kelebihan :

 

1.  Menggunakan bahasa yang baik dan sopan

2.  Terdapat ide yang kreatif

3.  Terdapat gagasan yang diambil dari para ahli dan dapat dipercaya keasliannya.

 

 

Kelemahan :

 

1.  Terdapat gambar ilustrasi yang kurang jelas

2.  Ada beberapa kata yang sulit dipahami dan tidak terdapat di bagian indeks

3.  Terdapat kata yang penulisannya salah atau typo

4.  Terdapat beberapa gagasan yang maknanya kurang tersampaikan kepada pembaca

 

  

BAB IV

 PENUTUP

 

A. Kesimpulan

 

Manajemen Pendidikan adalah mengelola segala sumber daya yang ada di dalam suatu organisasi pendidika dengan baik sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai secara efektif. Di dalam buku Manajemen Pendidikan karya Dr. Muhammad Kristiawan, M.Pd., 2017 dijelaskan dengan sangat rinci setiap materinya sehingga menunjang untuk dibaca, namun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki.

 

B. Saran

 

Pada buku ini terdapat banyak manfaat materi yang dijabarkannya. Disini pembaca bisa mendapatkan ilmu yang belum pernah didapatkan sebelumya sehingga membuat pembaca semakin tahu dan mengerti apa yang dibahas. Critical book review ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran sangat saya harapkan agar critical book review ini dapat lebih baik lagi.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Kristiawan, M. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: deepublish


Posting Komentar

0 Komentar