Critical Jurnal Report - PERBANDINGAN SISTEM PEMBELAJARAN TERBUKA DAN JARAK JAUH DI UNIVERSITAS PAPUA NUGINI DAN DIVINE WORD UNIVERSITY DI PAPUA NUGINI

 JURNAL REPORT

PERBANDINGAN SISTEM PEMBELAJARAN TERBUKA DAN JARAK JAUH DI UNIVERSITAS PAPUA NUGINI DAN DIVINE WORD UNIVERSITY DI PAPUA NUGINI

Dosen pengampu :

1.         Dr. Hj. Riche Cynthia Johan, S.Pd, M.Si.

2.         Dadi Mulyadi, S.Pd, M.T.

 

 

Disusun oleh :

Anisa Chusnul Khotimah (1801463)

Yulina Rahayu Agustin (1801027)

 

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

2019


1. PENDAHULUAN

Pendidikan jarak jauh merupakan suatu metode yang sudah drancang untuk memfasilitasi proses belajar dengan memanfaatkan berbagai media seperti media cetak, elektronik, dan lainnya tanpa terbatas oleh waktu dan juga tempat. Biasanya pendidikan jarak jauh dibutuhkan oleh negara yang memiliki keterbatasan dalam faktor geografi dan juga ekonomi dalam meningkatkan mutu pendidikan yang ada dinegara tersebut.

Papua Nugini merdeka pada  September 1975 dimana kemerdekaan ini diperoleh dari Australia pada September 1975. Secara administratif, negara ini dibagi menjadi 20 provinsi dan provinsi dijalankan oleh Pemerintah Provinsi yang dipimpin oleh seorang Gubernur. Secara geografis , masing masing provinsi dibatasi atau terpisah oleh gunung, laut, lembah, dan juga hutan. Reading People Count (1995) mencatat bahwa sebagian besar daerahnya sangat terjal seperti pegunungan yang sangat tinggi, lembah yang sangat curam dan juga rawa yang luas sehingga transportasi yang paling memungkin kan atau paling efektif adalah melalui transportasi udara karena di negara ini jalan utama masih tergolong sedikit sehingga akhirnya banyak dari provinsi provinsi terpencil lainnya hanya bisa di akses melalui transportasi udara. Namun karena pemerintah yang hanya memfokuskan pembangunan fasilitas di perkotaan sehingga yang di pedesaan tidak cukup terfasilitasi dengan baik maka dari itu pendidikan jarak jauh sangat diperlukan agar pendidikan bisa dijalani juga oleh penduduk penduduk mayoritas yang ada di pedesaan. Ada sekitar 50% dari lulusan sekolah menengah pertama yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya karena beberapa hal, diantaranya adalah karena susah nya transportasi untuk menjangkau universitas atau sekolah tinggi lainnya yang berada di tengah kota dan juga karena faktor ekonomi yang tidak memadai, selain itu banyak guru guru yang mengajar tetapi kualitas dari guru tersebut masih kurang memadai atau kualitas dari guru kebanyakan tidak merata karena kurangnya pendidikan lanjutan untuk pengajar.

Seiring berkembangnya zaman, teknologi pun makin berkembang pesat hal itu menjadi penyebab utama perkembangan sistem pembelajaran jarak jauh dan terbuka yang ada di negara Papua Nugini, dimulai pada awalnya melalui media cetak seperti surat menyurat hingga yang terbaru melalui web atau internet. Sehingga dengan adanya perkembangan dalam sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh ini cukup efektif untuk mengatasi masalah pendidikan yang sulit dijangkau di Papua Nugini karena masyarakat yang ada di Papua Nugini bisa mengenyam pendidikan secara jarak jauh yang bisa diakses kapan pun dan juga dimana pun tanpa ada batasan waktu dan tempat.

2. INTI PEMBAHASAN

Pembelajaran terbuka dan jarak jauh yang ada di negara Papua Nugini sangat diperlukan melihat beberapa faktor yang menyebabkan pendidikan ridak merata akibat kondisi geografis yang tidak memadai. Maka dari itu, terdapat beberapa lembaga pendidikan atau Universitas yang memfasilitasi pendidikan jarak jauh seperti Universitas Papua Nugini dan Divine Word University.

Universitas Papu Nugini merupakan sebuah lembaga pendidikan yang pertama kali mendirikan pembelajaran jarak jauh. Yang kemudian mendirikian lagi Universitas Terbuka dengan berbagai program pendidikan didalamnya. Kelebihan dari Universitas Papua yaitu masyarakat yang sebelumnya tidak bisa melanjukan pendidikan dengan berbagai foktor, maka dengan adanya Universitas Papua ini menjadi masyarakat bisa mengenyam pendidikan lebih jauh dan bisa diakses secara jarak jauh.

Divine Word University dengan program MOODLE nya memberikan keuntungan lebih kepada masyarakat Papua Nuguni karena dengan adanya MOODLE ini masyarakat bisa mengakses pembelajaran dengan mudah hanya dengan melalui web atau E – learning yang tentunya bisa diakses kapanpun dan juga dimanapun.

3.PEMBAHASAN

Univeritas Papua Nugini adalah salah satu Universitas di negara Papua Nugini yang pertama kali didirikan di tahun 1966 dengan nama awal Sekolah Korespondensi yang dimana pembelajarannya dapat dilakukan dengan cara korespondensi atau mengirim surat – menyurat. Sementara itu, pendidikan terbuka dan jarak jauh semakin berkembang dengan adanya atau didirikannya Departemen Studi Eksistensi yang didirikan pada tahun 1974. Pada tahun 1990 Departemen Studi Penyuluhan (DES) memiliki sekitar 4.500 pendaftar kursus online yang dihasilkan dari pembelajaran jarak jauh, dan sebagian besar pendaftar berada ditingkat matrikulasi. Dan ditahun 1999 total jumlah siswa yang terdaftar dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh melalui instritut pendidikan jarak juah dan berkelanjutan (IDCE, ini merupakan perubhan nama dari DES ditahun 1994) mencapai total 14.632 pendaftar dan yang setiap tahunnya semakin bertambah, ada sekitar 2.500 pendaftar yang berada di program Foundation Year dan Diploma of Commerce tingkat universitas.

IDCE ini menawarkan program gelar dan juga diploma yang tersedia dalam pendidikan, seni, dan juga hukum. Kemudian IDCE ini pada tahun 2002 mengubah namanya kembali menjadi Open College (OC) atau Universitas Terbuka. Program yang ditawarkan oleh Universitas Terbuka ini bermacam – macam diantaranya ditingkat Universitas program yang ditawarkan ada dua yang tersedia sepenuhnya melalui Distance Educational atau pendidikan jarak jauh yaitu Diploma dalam Akuntansi dan juga Bachelor of Accounting. Selain itu ditingkat Universitas ada juga tiga program yang terdapat perpaduan 50 % pembelajaran jarak jauh dan 50 % lahara yang merupakan pembelajaran yang dilakukan ditempat atau pembelajaran yang dilakukan secara face to face diantaranya lulusan bisnis dan manajemen, Bachelor of Arts dan lulusan seni atau umum. Dan pada tingkat pra Universitas yang disediakan untuk melayani kebutuhan beberapa kelompok yang membutuhkan keterampilan untuk melanjutkan ke jenjang pekerjaan, dan juga untuk kesempatan kedua belajar dewasa yang ingin masuk Universitas. Ditingkat pra Universitas martikulasi diubah menjadi program baru yaitu sertifikat studi tersier dan masa depan.

Divine Word University adalah universitas Kristen nasional yang berdiri pada awal nya pada tahun 1980 sebagai lembaga yang kemudian di tahun 1996 resmi menjadi Universitas. Universitas ini bertempat di Madang, Divine Word University ini menawarkan program Sarjana dan juga Pascasarjana, tetapi selain itu DWU ini memiliki program lainnya yaitu Faculty Flexible Learning.

Dengan adanya perkembangan teknologi, memudahkan masyarakat untuk mengakses pembelajaran melalui internet atau biasa disebut dengan E-Learning dimana pembelajaran bisa diakses dengan mudah dimana pun dan juga kapanpun tanpa adanya batasan waktu dan tempat. Menurut Anderson , E-learning digunakan untuk memberikan pembelajaran secara online dan jarak jauh sehingga tidak lagi membutuhkan sarana tempat seperti gedung karena bisa di akses kapan pun sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Salah satu platform E-Learning yang biasa kita kenal adalah CMS, Karena itu Divine Word University menggunakan E-Learning yang diadopsi melalui CMS yang biasa dikenal dengan Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment (MOODLE) untuk mendukung serta meningkatkan kualitas dari proses belajar yang dilakukan sehingga bisa meningkatkan pendidikan. Dalam Moodle ini mendukung teori kontruktivisme sosial dimana teori tersebut menegaskan bahwa belajar bisa dilakukan secara efektif ketika diimbangi dengan membangun sesuatu karena pada dasarnya seseorang bisa belajar dengan baik saat mereka membangun atau membuat sesuatu untuk dipelajari oleh individu lainnya.

Untuk sistem manajemen kursus Moodle, Moodle ini sendiri merupakan lingkungan Belajar Virtual atau VLE yang dimana bisa diunduh dan juga di instal oleh siapapun secara gratis di internet tanpa harus membayar. Biasanya Moodle ini digunakan oleh universitas untuk membuat pembelajaran melalui kursus yang dilakukan secara online dimana materi dan juga tugas nantinya akan di post melalui forum dan juga diskusi utas. Terlebih lagi dari Moodle ini menyediakan ruang belajar serta megajar untuk peserta didik agar pembelajaran yang dilakukan semakin luas sehingga materi atau ilmu yang didapat akan semakin luas pula.

Untuk kegiatan yang dilakukan dengan pembelajaran terbuka dan jarak jauh ini, Moodle menyediakan beberapa kegiatan kegiatan standar yang dimasukkan kedalam kursus onlinenya diantaranya adalah tugas, obrolan, pilihan, dan basis data.

Setelah dilakukan analisis terhadap kedua jurnal tersebut terdapat perbedaan dimana Universitas Papua Nugini membangun lembaga pendidikan baru yang yang bernama Universitas Terbuka dengan pemnbelajaran jarak jauh dan juga pembelajaran face to face. Sedangkan Divine Word University (DWU) membangun atau menyebarluaskan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh melalui MOODLE. Dimana  MOODLE ini merupakan sebuah web yang digunakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh di Divine Word University (DWU).

Selain itu terdapat juga perbedaan program yang dilakukan Universitas Papua Nugini dan Divine Word University (DWU) dimana  program yang dimiliki oleh Universitas Papua Nugini lebih dicondongkan untuk mendapat gelar lanjutan seperti menjadi diploma. Sedangkan Divine Word University (DWU) memiliki MOODLE yang dimana MOODLE itu sendiri hanya sebagai web atau akses untuk para peserta didik untuk mengakses pembelajaran jarak jauh yang mereka ambil.

4.KESIMPULAN

Seiring dengan berkembangnya zaman dengan majunya teknologi pembelajaran jarak jauh memiliki perkembangan sehingga akses pendidikan yang dibutuhkan masyarakat secara sedikit demi sedikit mulai tersebar luas karena pendidikan itu pada hakikatnya bersifat fleksibel tanpa ada batas waktu dan tempat.

Kedua lembaga ini memiliki kelebihannya tersendiri dimana Universitas Papua Nugini dengan Universitas terbukanya menjadikan masyarakat Papua Nugini bisa melanjutkan pendidikannya secara jarak jauh sehingga fleksibel pendidikan itu dilakukan kapan saja dan juga dimana saja. Sedangkan Divine Word University dengan MOODLE nya memudahkan masyarakat atau peserta didik jika ingin mengakses pembelajaran jarak jauh yang ditempuhnya.

REFERENSI

Chola NYONDO, A. 2003. Distance Education In Papua New Guinea. Papua New Guinea : The Papua New Guinea University Of Technology.

Daniel, Martin.2009. E-Learning @ Divine Word University : Use Of MOODLE. Papua New Guinea : Divine Word University


Posting Komentar

0 Komentar