SOAL BAHASA INDONESIA BESERTA JAWABAN PERSIAPAN TES UNBK-CPNS-SBMPTN-TNI-POLRI | Raja Bunglon

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA BESERTA JAWABANPERSIAPAN TES UNBK-CPNS-SBMPTN-TNI-POLRI





HALAMAN:   1    2    3    

1. Cermati paragraf berikut!

Sebanyak dua puluh tiga di kawasan pabrik dan pergudangan Jalan Raya Prancis, Kelurahan Dadap Kosambi, Kabupaten Tangerang pada selasa (7/1) siang mendadak roboh. Namun, sama sekali tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa tersebut. Dugaan sementara, 23 ruko itu ambruk akibat kontsruksi bangunan yang sudah tidak kuat. Lia salah satu saksi mata kejadian saat dihubungi Warta Kota via telepon menuturkan bahwa ruko tersebut ambruk begitu saja.”Nggak ada apa-apa tiba-tiba langsung roboh.” Sumber: Warta Kota, 8 Januari 2014

Ide pokok paragraf tersebut adalah....
A. Dua puluh tiga ruko ambruk karena konstruksi kurang kuat.
B. Tangerang adalah kawasan pabrik dan pergudangan
C. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut.
D. Dua puluh tiga ruko mendadak roboh.
E. Seorang saksi mata menuturkan 23 ruko ambruk bergitu saja.

Jawaban soal nomor 1. D
Ide pokok merupakan gagasan pokok atau gagasan utama yang terdapat paragraf. Ide pokok menjadi dasar penulisan dalam sebuah paragraf. Ide paragraf soal nomor s1 adalah (D) Dua puluh tiga ruko mendadak roboh

2. Cermati paragraf beriku !

(1) Kedudukan sebuah buku tata bahasa yang lengkap bagi suatu bahasa boleh dikatakan kurang lebih sama dengan kedudukan sebuah undang-undang dasar atau konstitusi bagi sebuah negara. (2)Perbedaan antara keduanya terlihat pada tahap pelaksanaanya.(3) Pada umumnya tingkat kesadaran dan kepatuhan undangundang dasar jauh lebih tinggi daripada tingkat kesadaran dan kepatuhan kepada tata bahasa.(4) Tingkat kesadaran dan kepatuhan akan kaidah-kaidah kebahasaan terlihat pada prilaku berbahasa kita. (5)Prilaku berbahasa Indonesia dapat berupa penggunaan dalam bentuk lisan dan tulisan. Sumber : Tata Bahasa Indonesia Baku

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E.(5)

Jawaban soal nomor 2. A
Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi ide pokok. Kalimat utama dapat ditemukan diawal, akhir, awal dan akhir. Kalimat utama kalimat yang dijelaskan/didukung kalimat-kalimat penjelas. Kalimat utama sebagai pengedali informasi. Kalimat utama soal nomor 2 terdapat kalimat nomor 1), ada diawal paragraf.Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A

3. Cermati paragraf berikut!


(1)Kebudayaan suatu bangsa dapat dikembangkan dan diturunkan kepada generasi-generasi mendatang melalui bahasa. (2)Semua yang berada di sekitar manusia, misalnya peristiwa, hasil karya, dapat diungkapkan kembali melalui bahasa juga.(3)Semua orang menyadari semua kegiatan dalam masyarakat akan lumpuh tanpa bahasa. (4) Binatang dan tumbuhan tidak memiliki bahasa seperti manusia(5)Memang bahasa adalah alat komunikasi yang penting, efektif, dan efesien.

Kalimat yang tidak mendukung kalimat utama terdapat kalimat nomor....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)

Jawaban soal nomor 3. D
Kalimat penjelas adalah kalimat yang mendukung kalimat utama. Soal nomor 3 kalimat utamanya terdapat pada kalimat nomor 1). Kalimat 2),3), dan 5) adalah kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama karena menjelaskan tentang fungsi bahasa dalam mengembangkan dan mewariskan kebudayaan manusia. Kalimat nomor 4) tidak mendukung kalimat utama karena isinya tidak mendukung kalimat utama.

4. Cermati paragraf berikut !

(1)Pembangunan statsiun Mass Rapid Transit (MRT) di terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, tetap dilaksanakan meskipun terminal itu batal ditutup. Senin(6/1) malam. (2)Disinyalir sejumlah pihak memprotes rencana penutupan itu. (3)Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan, ia bersama jajarannya akan memastikan proyek sistem transformasi massal tersebut akan berjalan sesuai dengan rencana. (4)“Kalau kita nggak punya keberanian memutuskan eksekusi, enggak akan jalan. Enggak rampung-rampung,” tegas gubernur yang akrab disapa Jokowi itu di Balai Kota, kemarin. 5)Menurutnya, penolakan atas penutupan terminal yang terjadi beberapa terakhir disebabkan kurangnya sosialisasi dan penjelasan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Sumber: Media Indonesia , Rabu 8 Januari 2014

Kalimat berupa fakta terdapat pada kalimat nomor....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)

Jawaban soal nomor 4. A
Kalimat yang berupa fakta adalah kalimat yang di dalamnya mengadung peristiwa yang sudah terjadi, dapat dibuktikan. Biasanya kalimat fakta dapat menjawab pertanyaan tentang apa,siapa, kapan, di mana, berapa, mengapa. Sebaliknya, opini(pendapat) adalah kalimat yang mengadung peristiwa yang belum terjadi, berupa penilaian, dan perkiraan seseorang. Biasanya, kalimat fakta dapat menjawab pertanyaan bagaimana. Kalimat nomor 1 merupakan kalimat fakta karena mengandung peristiwa yang sudah terjadi. Sedangkan, kalimat nomor 2),3), 4), 5) adalah pendapat (Opini) karena mengandung peristiwa yang belum terjadi dan berupa penilaian.

5. Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 7!


Sejumlah gigi manusia purba berumur sekitar 600.000 tahun dari Situs Arkeologi Tambaksari, Kabupaten Ciamis, jawa Barat, sejak 1999 dibawa ke Amerika Serikat dan hingga kini belum dikembalikan. Dalihnya, “Gigigigi manusia purba itu akan diteliti umurnya, “kata juru bicara Gedung Penyelamatan benda Cagar Budaya Tambaksari, di Ciamis, Rabu, (8/1). Situs Tambaksari berjarak 48 kilometer dari kota Kabupaten Ciamis. Cikal bakal penelitian situs bermula dari penemuan beragam fragmen tulang- belulang oleh guru Biologi SLTP Tambaksari , Darwa, tahun 1987. Saat ini ada 116 fragmen tulang belulang hewan purba disimpan warga dan ratusan lainnya diperkirakan masih terkubur di sekitar pemukiman masyarakat. Akhir tahun 2013 wargaTambaksari kembali menemukan fragmen tulang belulang.
Sumber : Kompas, 9 Januari 2014

Mengapa gigi manusia purba yang ditemukan dari situs Arkelogi Tambaksari dibawa ke Amerika Serikat?
A. Karena gigi manusia purba yang berumur 600.000 tahun adalah Benda Cagar Budaya.
B. Karena gigi-gigi manusia purba tersebut akan diteliti umurnya.
C. Karena Amerika Serikat merupakan pusat Arkeologi dunia.
D. Karena gigi-gigi manusia purba tersebut ditemukan oleh seorang guru Biologi.
E. Karena di Tambaksari juga ditemukan sekitar 116 fragmen-fragmen hewan manusia purba.


Jawaban soal nomor 5. B
Jawaban yang tepat untuk pertanyaan berkaitan dengan paragaraf soal nomor 5 adalah B karena jawaban tersebut terdapat pada paragraf tersebut.Mengapa gigi manusia purba yang ditemukan dari situs Arkeologi, Tambasari dibawa ke Amerika Serikat? Jawabnya: Karena gigi-gigi manusia tersebut akan diteliti umurnya.

6. Tujuan penulisan pada paragraf soal nomor lima adalah....
A. Untuk menjelaskan gigi manusia purba yang ditemukan di Tambaksari akan diteliti di Amerika
     Serikat
B. Untuk menggambarkan Situs Arkeologi yang terdapat di Tambaksari, Kabupaten Ciamis, jawa
     Barat, sejak 1999
C. Menceritakan penemuan benda-benda Cagar Budaya di Tambaksari, Kabupaten Ciamis, jawa
     Barat, sejak 1999
D. Menceritakan awal mula penemuan gigi manusia purba di Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa
     Barat
E. Menjelaskan berbagai penemuan tulang-belulang hewan purba di Tambaksari, Kabupaten Ciamis,
    Jawa Barat

Jawaban soal nomor 6. A
Paragraf soal nomor 5 termasuk jenis paragraf eksposisi. Paragraf sekposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk menjelaskan informasi kepada pembaca. Jadi, jawaban yang tepat untu soal nomor 6 adalah A.

7. Makna istilah Cagar Budaya pada paragraf tersebut adalah....
A. Daerah yang kelestarian hidup masyarakat dan perikehidupannya dilindungi undang-undang dari bahaya kepunahan.
B. Benda-benda peninggalan jaman dulu hasil penemuan para arkeolog dan perlu dilindungi undang-undang
C. Daerah yang ditemukan peninggalan-peninggalan sejarah yang ditemukan para arkeologi 
D. Benda-benda peninggalan jaman dulu yang terhimpun dalam suatu museum yang diatur undang-undang
E. Daerah tempat wisata pendidikan yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang kehidupan manusia jaman dulu.

Jawaban soal nomor 7. A
Makna istilah cagar budaya adalah kelestarian hidup dan perikehidupanya yang dilindungi undang-undang dari bahaya kepunahan.

8. Cermati biografi berikut!

Chairul Tanjung lahir di Jakarta, 16 Juni 1962, dalam keluarga yang cukup berada. Ayahnya A.G.
Tanjung adalah wartawan jaman orde lama yang menerbitkan surat kabar beroplah kecil. Dia seorang pengusaha asal Indonesia. Namannya dikenal luas sebagai usahawan sukses. Menurut Chairul Tanjung modal memang penting dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Baginya, kemauan dan kerja keras harus dimiliki seseorang yang ingin sukses berbisnis. Namun, mendapatkan mitra kerja yang handal adalah segalanya. Baginya, membangun kepercayaan sama halnya dengan membangun integritas. Di sinilah pentingnya berjejaring (networking) dalam menjalankan bisnis. Dalam bisnis, Chairul Tanjung menyatakan bahwa generasi muda pebisnis sudah seharusnya sabar, dan mau menapaki tangga usaha satu persatu. Menurutnya, membangun sebuah bisnis tidak seperti membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan sebuah kesabaran, dan tak pernah menyerah. Jangan sampai banyak yang megambil jalan seketika (instant), karena dalam usaha kesabaran adalah salah satu kunci utama dalam “mencuri hati pasar”. Membangun integritas adalah penting bagi Chairul.

Biografi berisi tentang adalah....
A. Perjuangan Chairul Tanjung dalam dalam berbisnis
B. Prinsip Chairul Tanjung dalam membangun bisnis
C. Riwayat hidup seorang pengusaha sukses
D. Tantangan Chairul Tanjung dalam membangun bisnis
E. Pentingnya mitra yang dapat dipercaya dalam berbisnis

Jawaban soal nomor 8. B
Biografi adalah catatan riwayat hidup seseorang yang ditulis orang lain. Salah satu yang ditulis dalam biografi adalah perjuangan tokoh dalam menperjuangkan prinsip-prinsip hidupnya. Kutipan biografi soal nomor 8 adalah contoh biografi yang berisi tentang perjuangan prinsip kehidupan tokoh. Jadi, jawaban soal nomor 8 adalah B.

9. Cermati tajuk rencana berikut !

Berbagai survei ikut meramaikan perbincangan tentang sosok kepemimpinan nasional, yang diharapkan mampu mendorong perubahan. Tentu saja survei yang dilakukan sejumlah lembaga, termasuk surat kabar ini, bukanlah pemilihan umum. Namun, hasilnya dapat digunakan sebagai salah satu petunjuk penting atas kecenderungan publik memilih pemimpin nasional. Penyelenggaran survei dan jajak pendapat terhadap pemimpin dan kepemimpinan termasuk lazim di sebuah negara demokrasi. Level kepercayaan terhadap jajak pendapat atau suvei, sejauh dilaksanakan dengan metodologi yang tepat dan teruji, tergolong tinggi. Terlepas dari segala kontroversi yang mungkin saja timbul, survei memberikan kontribusi dalam upaya mencari pemimpin yang dapat diandalkan untuk mendorong kemajuan. Survei membantu memunculkan tokoh-tokoh potensial di lingkungan partai politik ataupun di luar partai untuk menjadi pemimpin agar tidak terjadi yang disebut membeli kucing dalam karung.

Opini penulis pada kutipan tajuk rencana tersebut adalah....
A. Berbagai survei meramaikan perbincangan tentang sosok kepemimpinan nasional, yang diharapkan mampu mendorong perubahan.
B. Penyelenggaran survei dan jajak pendapat terhadap pemimpin dan kepemimpinan termasuk lazim di sebuah negara demokrasi
C. Level kepercayaan terhadap jajak pendapat atau survei, sejauh dilaksanakan dengan metodologi yang tepat dan teruji, tergolong tinggi.
D. Survei membantu memunculkan tokoh-tokoh potensial di lingkungan partai politik ataupun di luar partai untuk menjadi pemimpin agar tidak terjadi yang disebut membeli kucing dalam karung
E. Tentu saja survei yang dilakukan sejumlah lembaga, termasuk surat kabar ini, bukanlah pemilihan umum

Jawaban soal nomor 9. D
Opini tajuk rencana merupakan pendapat penulis yang terdapat pada tajuk rencana. Kutipan tajuk tencana soal nomor 9 membicarakan ramainya hasil survei yang menentukan calon pemimpin nasional. Pendapat penulis yang terdapat dalam tajuk rencana tersebut adalah bahwa survei dapat membantu memunculkan tokoh-tokoh potensial di lingkungan partai ataupun di luar partai untuk menjadi pemimpin agar tidak terjadi yang disebut membeli kucing dalam karung. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

10. Isi tajuk rencana tersebut ditujukan kepada....
A. pemerintah
B. lembaga survei
C. masyarakat
D. Komisi Pemilihan Umum
E. para pemimpin nasional

Jawaban soal nomor 10. C
Penulis tajuk rencana menulis tajuk rencana bertujuan untuk memberikan informasi tentang ramainya hasil survei calon pemimpin nasional sedikit banyaknya dapat dijadikan gambaran tentang siapa yang pantas menjadi pemimpin nasional. Jadi, tajuk rencana tersebut ditujukan kepada masyarakat. Jawaban pilihan yang tepat adalah C.

11. Cermati grafik berikut !
Minat Wanita terhadap Pekerjaan
soal bahasa indonesia

Pernyataan yang sesuai dengan grafik(gambar) tersebut adalah...
A. Ada 74,4 % wanita berminat menjadi karyawan swasta dibandingkan dengan jenis pekerjaan yang lain karena gajinya lebih besar.
B. Minat wanita untuk menjadi profesional, dosen jumlahnya 50% dari jumlah minat wanita untuk menjadi wiraswasta atau pengusaha.
C. Ternyata sebagian kecil wanita tidak berminat bekerja karena ia tidak memiliki pendidikan yang memadai.
D. Menjadi pegawai negeri atau karyawan BUMN adalah pilihan minat yang disukai wanita.
E. Pekerjaan dosen kurang diminati wanita karena dosen merupakan pekerjaan yang banyak menghabiskan waktu.

Jawaban soal nomor 11 B
Grafik atan digram merupakan gambaran pasang surut suatu keadaan dengan gambar( tentang turun naik naiknya hasil, statistik, dan sebagainya). Isi grafik(digram) diketahui dari judul dan data yang ditulis pada grafik(diagram). Gambar(diagram) tersebut menginformasikan tentang kondisi minat wanita terhadap pekerjaan. Pernyataan yang sesuai dengan isi gambar(diagram) tersebut adalah pilihan jawaban B karena sesuai dengan data. Pilihan jawaban A tidak tepat karena tidak dijelaskan penyebabnya kenapa wanita memilih pegawai swasta. Jawaban C tidak tepat karena tidak diketahui penyebabnya kenapa wanita tidak berminat bekerja. Jawaban D tidak tepat karena karena tidak sesuai dengan gambar(diagram). Jawaban E Tidak tepat karena tidak ketahui penyebabnya kenapa wanita kurang berminat menjadi dosen.

12. Cermati tabel kecelakaan lalu lintas di Semarang berikut !

soal bahasa indonesia dan jawaban

Berdasarkan tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa....
A. Data kecelakaan lalu lintas di Semarang setiap bulannya meningkat.
B. Masyarakat tidak memahami rambu-rambu lalu lintas.
C. Polisi di Semarang tidak berhasil menyosialisaikan tertib berlalu lintas
D.Jumlah kejadian dan korban meninggal dunia (MD), luka berat, luka ringan jumlah selau meningkat setiap bulannya
E. Polisi diharapkan menindak dengan tegas segala bentuk pelanggaran lalu lintas.

Jawaban soal nomor 12 A
Simpulan tabel dapat ditentukan berdasarkan informasi yang terdapat pada tabel. Simpulan yang tepat adalah pilihan jawab A. Pilihan B tidak tepat tepat karena tabel tidak memberikan informasi tentang rambu-rambu lalu lintas. Pilihan C tidak tepat karena tabel tidak memberikan informasi tentang sosialisasi tertib berlalu lintas. Pilihan D ada data korban luka berat yang menurun dari bulan Februari ke Maret yaitu 9 menjadi 3. Pilihan E tidaktepat karena kalimatnya bukan berbentuk simpulan melainkan saran.

13. Cermati hikayat berikut untuk soal nomor 13 dan 14!

Syahdan, Muda Cik Leman memiliki saudara sepupu bernama Gadis Cik Inam, tetapi mereka tidak pernah bertemu muka karena telah berpisah saat masih sama-sama bayi. Ketika masih bayi, Gadis Cik Inam telah ditunangkan dengan kakanda Muda Cik Leman yang bernama Panglima Nayan. Namun pertunangan itu akhirnya dibatalkan karena seorang peramal, Tuk Nujum, melihat petanda jelek dari hubungan mereka. Tuk Nujum pun berkata, barang siapa yang menikah dengan Gadis Cik Inam ia akan mendapat petaka seumur hidupnya. Sejak pemutusan tali pertunangan itulah Gadis Cik Inam dibawa oleh orang tuanya pindah ke Muar karena tidak tahan menanggung malu. Beberapa tahun kemudian, pada suatu malam, Muda Cik Leman bermimpi bertemu seorang gadis yang cantik jelita. Usut punya usut, gadis yang hadir dalam mimpinya itu ternyata Gadis Cik Inam. Oleh karena pesona kecantikan yang ditebarkan Gadis Cik Leman berbakas sangat dalam di benak Muda Cik Leman, ia pun memutuskan berlayar ke negeri Muar. Kedatangannya di tanah Muar disambut baik oleh keluarga Gadis Cik Inam. Perselisihan antara dua keluarga yang dulu pernah terjadi akhirnya sirna. Tak putus air dicencang, biduk lalu, kiambang bertaut Pertemuan Muda Cik Leman dengan Gadis Cik Inam sampai pada ikatan pernikahan. Keduanya hidup bersama dengan bahagia sampai Muda Cik Leman, yang merupakan pewaris sah tahta kerajaan negeri Muar, menjadi raja. Muda Cik Leman dikenal sebagai penguasa yang adil lagi bijaksana. Kecantikan Gadis Cik Inam tersiar sampai ke negeri sebrang. Hingga di suatu hari, negeri Muar kedatangan tamu, seorang raja dari Negeri Petukal. Rupanya kedatangan raja yang dikawal armada laut yang besar itu menyimpan niat buruk. Ia ingin mempersunting Gadis Cik Inam. Berbagai tipu muslihat digunakan Raja Petukal untuk meraih tujuannya, mulai dari cara yang halus sampai dengan cara-cara kekerasan. Itulah mungkin petaka yang pernah diramalkan oleh ahli nujum. Niat Raja Petukal ditolak mentah-mentah oleh Muda Cik Leman, karena ia hendak menjungjung tinggi marwah kerajaan. Tak pelak, pertempuran berdarah pun tak dapat dihindari.

Isi hikayat tersebut adalah...
A. Menceritakan kepahlawanan seorang raja dalam menjunjung tinggi marwah kerajaan
B. Cinta setia seorang permensuri terhadap suaminnya yang membahagiakan hidupnya
C. Perjalanan hidup Raja Muar yang dalam membangun negerinya
D. Meceritakan perjalanan cinta Gadis Cik Inam mengalami berbagai penderitaan
E. Niat jahat Raja Petukal ditolak mentah-mentah oleh Muda Cik Liman

Jawaban soal nomor 13. A
Hikayat merupakan karya Sastra Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah. Cerita hikayat besifat rekaan , keagamaa, historis, biografis, atau gabungan sifat-sifat itu. Isi cerita kutipan soal nomor 13 adalah jawaban pilihannya A. Dalam hikayat tersebut diceritakan perjuangan Raja Muar mempertahankan marwah kerajaan Muar dari berbagai tipu muslihat dan cara kekerasan Raja Petukal.

14. Pesan yang disampaikan hikayat tersebut adalah, kecuali....
A. Seyogyanya manusia tidak boleh pasrah dan menyerah begitu saja kepada nasib (takdir)
B. Jangan percaya pada ramalan-ramalan tentang ketentuan-ketentuan gaib.
C. Jangan menghalalkan segala cara untuk mewujudkan keinginan tertentu.
D. Jangan menilai seseorang dari penampilan fisiknya, tetapi juga harus melihat pemikirannya.
E. Sebagai seorang raja hendaknya mempertahankan harga diri kerajaan yang dipimpinnya

Jawaban soal nomor 14. D
Pesan dalam cerita adalah maksud tujuan yang akan disampaikan pengarang kepada pembaca. Pesan yang tidak sesuai dengan hikayat tersebut adalah pilihan jawaban D karena pesan tersebut tidak tergambar pada peristiwa-peristiwa yang terdapat dalam kutipan hikayat tersebut.

15. Cermati penggalan cerpen berikut!

Waktu beberapa orang Belanda –Indo berani menaikkan bendera merah putih biru di Hotel Yamato, Orangorang Indonesia tercengang-cengang, semakin lama semakin banyak mendekati hotel itu. Tiba-tiba melompat seorang pemuda ke depan, dipanjatnya tiang bendera dirobeknya kain biru dari bedera itu. Orang–orang tercengan bertepuk dan bersorak, tetapi orang Belanda indo marah-marah. Bukan untuk dirobek mereka menaikkan bendera.

Sudut pandang penggalan cerpen tersebut adalah ...
A. Orang pertama
B. Orang ketiga
C. Orang pertama sebagai pengamat
D. Orang ketiga sebagai pengamat
E. Orang pertama dan ketiga

Jawaban soal nomor 15. B
Sudut pandang adalah posisi pengarang terhadap karyanya. Posisi pengarang bisa berada di dalam cerita dan di luar cerita. Pengarang berada di dalam cerita namanya sudut pandang orang pertama (aku) dan di luar cerita disebut sudut pandang orang ketiga (dia, ia, atau nama orang, atau sebutan lain). Kutipan cerpen soal nomor 15 posisi pengarang ada di luar cerita. Oleh karena itu, kutipan tersebut memakai sudut pandang orang ketiga. Jadi, pilihan jawaban yang tepat B




Soal bahasa indonesia CPNS tni polri sbmptn beserta pembahasan
Soal Bahasa Indonesia
Tes CPNS - TNI - POLRI - SBMPTN
~Raja Bunglon

Posting Komentar

0 Komentar