PERBEDAAN DAGING SAPI DENGAN DAGING BABI DAN CELENG (BABI HUTAN)

DITINJAU DARI SEGI,

DAGING SAPI

DAGING CELENG

DAGING BABI

HARGA

Rp. 110 Ribu / Kg

Rp. 30 Ribu / Kg

Rp. 55 Ribu / Kg

Warna Daging

Merah Tua

Merah Tua, mirip sekali dengan daging sapi. Bagi sebagian orang yang belum pernah melihat daging celeng, dipastikan tidak dapat membedakan antara daging sapi dan daging celeng dari segi warnanya. Hanya saja, daging celeng sedikit terlihat lebih gelap daripada warna daging sapi.

Berwarna Merah Muda, dan ini terlihat sangat jelas berbeda jika dibandingkan dengan warna daging sapi.

Warna Daging Di bagian luar atau di bagian Pinggiran Lemak.

Tetap berwarna Merah Tua. Berbeda dengan pinggiran daging Celeng yang sedikit lebih pucat.

Berwarna Merah Muda,

Berwarna Merah Muda, dan terlihat lebih pucat daripada daging celeng.

Kelenturan

Sangat kaku/padat, sehingga tidak terlalu lentur jika dilipat.

Lembek sehingga sangat mudah dilipat.

Sangat lembek, bahkan lebih lembek dari daging celeng.

Kemungkinan hal ini disebabkan karna kandungan lemak pada daging babi lebih banyak daripada daging celeng dan daging sapi

Serat Daging

Serat daging sapi berukuran besar dan terlihat jelas.

Serat daging celeng jauh lebih halus daripada daging sapi

Serat Daging babi, hampir sama besarnya dengan serat daging sapi, tapi masih kurang terlihat jelas dibandingkan serat daging sapi

Lemak

Berwarna putih

 

 

Pada postingaan kali kali ini, saya akan membahas perbedaan antara daging sapi , daging babi, dan daging babi hutan atau biasa orang menyebutnya celeng. Video ini saya buat berhubung karna maraknya penjual daging sapi oplosan. Bagi kalian yang belum pernah melihat daging celeng sebelumnya, dipastikan bakal tertipu guys, jika ada penjual daging celeng yang ngakunya daging sapi. Tentu saja hal ini sangat merugikan kalian sebagai konsumen baik dari segi kesehatan fisik maupun kesehatan rohani. Jadi, agar kalian jangan kena tipu, mari tonton dan simak video ini sampai habis.

Perbedaan ketiga jenis daging ini akan kita tinjau dari segi harga, Warna daging, serat daging, kelenturan, dan bagian lemaknya.

Pertama, kita tinjau dari segi harga.

Harga daging sapi di pasaran pada keadaan normal berkisar antara 80 ribu hingga 90 ribu rupiah per kilogramnya. Sementara pada masa bulan suci ramadhan ini, harga daging sapi biasanya naik menjadi 100 ribu hingga 120 ribu rupiah.

Harga daging babi pada keadaan normal berkisar antara 50 ribu hingga 60 ribu rupiah. Sementara daging celeng berkisar antara 25 ribu hingga 35 ribu rupiah saja perkilogramnya.

Jadi, apabila kalian menemukan penjual daging sapi di bawah harga normal, jangan langsung tergiur membelinya guys, tetapi perlu diperiksa apakah daging yang dijualnya itu adalah benar-benar daging sapi atau bukan. Diluar sana, tak sedikit penjual nakal memanfaatkan kemiripan daging celeng ini ditambah lagi harganya yang jauh lebih murah untuk disulap jadi daging sapi dengan harga miring.

Oke guys, biar kamu gak kena tipu, perhatikan video ini baik baik.

Sebelum kita bahas perbedaannya, saya mau nunjukin sebuah gambar buat kalian guys. Coba ditebak, yang manakah daging sapi pada gambar ini, apakah bagian A, bagian B, atau bagian C. Silahkan ditebak guys lalu jawab pada kolom komentar sebelum video ini saya lanjutkan. Saya beri waktu 10 detik untuk menjawabnya.

Oke guys kita lanjut.

Pertama saya mau perkenalkan, yang ini daging celeng, yang ini daging sapi, dan yang ini daging babi.

Perhatikan warna ketiga daging ini guys, daging babi berwarna merah jambu, dan kelihatan sangat berbeda dengan daging sapi dan celeng. Tapi coba perhatikan warna daging celeng dan daging sapi. Mirip banget guys. Kedua warna daging sama-sama merah tua, hanya saja daging celeng kelihatan lebih gelap ketimbang daging sapi. Jadi, kalau hanya dilihat segi warna, kemungkinan kalian gak bisa membedakan antara daging celeng dan daging sapi.

Eits, tunggu dulu guys, masih tentang warna daging, coba kalian perhatikan warna pinggiran daging celeng. Yang ini. Nah disini terlihat jelas berbeda. Bagian pinggiran daging celeng atau bagian daging yg berbatasan dengan lemak cenderung berwarna merah muda dan terlihat lebih terang daripada warna daging bagian dalamnya.

Mari perhatikan daging sapi. Warna pada bagian pinngirnya, yang berbatasan dengan lemaknya, yang ini, tetap berwarna merah tua. Disini tidak ada perbedaan warna. Warna daging sapi, dimulai dari bagian tengahnya sampai ke bagian pinggirnya tetap berwarna merah tua. Berbeda dengan daging celeng. Warna daging bagian dalamnya berwarna merah tua, tetapi semakin ke pinggir, warna daging semakin memudar. Pada bagian perbatasan daging dan lemaknya kelihatan lebih pucat. Tanda ini dapat dijadikan sebagai salah satu pembeda antara daging celeng dan daging sapi.

Lalu bagaimana dengan kelenturan daging. Coba perhatikan ini guys…

Yups, daging sapi terlihat lebih kaku dan padat. Sementara daging celeng dan daging babi jauh lebih lembek, sehinnga terasa lebih lentur dan sangat mudah dilipat. Kemungkinan Hal ini disebabkan karna kandungan lemak daging babi dan celeng lebih banyak ketimbang lemak sapi.

Kemudian, mari kita perhatikan bagian seratnya guys. Ketiga daging ini jelas memiliki serat, hanya saja yang membedakannya terletak pada ukuran serat. Kalau serat daging babi dibandingkan dengan serat daging sapi, sekilas ukurannya hampir sama, namun serat daging sapi sedikit lebih jelas ketimbang serat babi. Kemungkinan perbedaan ini terjadi karna warna daging babi yang lebih pucat membuat serat dagingnya tidak terlihat jelas.

 Mari kita lihat serat daging celeng. Serat daging celeng terlihat jelas, namun jika dibandingkan dengan sapi, serat celeng terlihat lebih kecil atau lebih halus. Jadi disini terlihat jelas perbedaan antara daging babi, daging sapi, dan daging celeng.

Bagaimana guys, apakah ada yang tebakannya salah? Jadi guys, pada gambar ini, daging sapi berada pada option bagian B. Bagi yang masih salah menjawab, jangan berkecil hati, karna lewat video ini akhirnya kalian bisa tahu perbedaan antara daging sapi, daging babi dan daging celeng.

Sekian saja video ini, terimakasih sudah menonton, semoga dapat memberi anda manfaat, dan selamat beraktivitas kembali sampai jumpa.

 Kata Kunci:

- Perbedaan Daging Sapi Dan Daging Babi

- Perbedaan daging sapi dengan daging babi hutan (celeng)

- Cara membedakan daging sapi dengan daging babi

- Ciri-cciri dagingg babi

- Ciri-ciri daging babi hutan (Celeng)


Posting Komentar

0 Komentar